Sejarah Vespa

Advertisement
Advertisement
Sejarah Vespa - Salam para pecinta vespa, kami hanya ingim berbagi artikel tentang sejarah vespa dimulai.di Genoa, Italia trpatnya pada tahun 1884 perusahaan Piaggio di dirikan oleh Rinaldo Piaggio dimulai dari bisnisnya membuat peralatan kapal.Piaggio juga memproduksi Kereta api, rel Kereta, Gerbong Kereta body Truck dan mesin.

Perusahaan yang di pimpin oleh Rinaldo Piaggio pada saat perang dunia pertama memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut sampai Perang Dunia kedua. Pada akhir perang dunia kedua pabrik piaggio di bom oleh pesawat sekutu, setelah perang usai Erico Piaggio mengambil alih perusahaan Piaggio dari ayah nya (Rinaldo Piaggio), yang pada saat itu perekonomian Itali sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendesain alat transportasi yang murah dan nyaman dan memfokuskan perhatian pada perusahaannya pada masalah personal mobillity (transportasi) yang di butuhkan masyarakat Itali. Enrico bekerjasama dengan Corradino D'asanio,beliau adalah salah satu Insinyur yang mahir dalam bidang penerbangan, perancangan, pengonsepan dan menerbangkan Helikoper modern milik perusahaan Piaggio. Enrico dan D'ascanio membuat rancangan simpel, ekonomis, nyaman dan elegan. mereka memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru yang bisa di pakai oleh masyarakat di Itali, dengan mengambil gambar dari model pesawat terbang mereka membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah "Monocoque" atau Uni body steel chassis dengan arti kata lain garpu depan seperti ban mendarat sebuah pesawat (yang para pecinta vespa kenal disebut sebagai"porok depan vespa") . Hasil sebuah design yang sampai saat ini pun berbeda dengan kendaraan lainya.

Awalnya memang sebuah konsep merancang sepedah motorberkerangka besi seperti apa yang kita pernah lihat, ternyata bagian stater nya dirancang dengan menggunakan komponen bom, dengan munculnya pertama kali produk motor dengan seri MP5 pada tahun 1945. Kendaraan yang berteknologi sederhana dengan bentuk yang sangat unik dan menarik, menyerupai binatang penyengat yaitu lebah/tawon karena bentuk kerangkanya, karena bentuk papan selancar atau yang kita kenal sebagai dek bagian bawah (tempat kaki kita menginjak pada saat mengendarai vespa) sejumlah pekerja di perusahaan Piaggio mengatakan motor itu mirip dengan motor Paperino, yang di sebut motor Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck(Donal bebek), Enrico dan D'Asscanio pun berputar akal untuk mencari inspirasi yg lebih menarik dan memperbaiki model tersebut. mereka hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk design kendaraanya dengan hasil MP6, pada saat melihat hasil karyanya, Enrico mengatakan "Sambra Una Vespa" artinya terlihat seperti tawon, dengan hati riang gembira dia berkat. Pada seruan taksengaja itu diputuskan pada kendaraan ini diberu sebutan Vespa yang artikata dalam bahasa indonesianya lebah / tawon. Dan resmi pada bulan aprit 1946 MP6 ini mulai di produksi masal oleh perusahaan Piaggio di Potedera Itali. Telah di produksi 35000 unit pada akhir tahun 1949,dan dalam 10 tahun telah di produksi 1 juta unit pada pertengahan tahun 1950.Pada tahun 1960 - 1970-an, vespa menjadi simbol revolusi pada waktu itu,dan tak lupa pula Vespa pernah menjadi saksi sejarah dunia.

Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India. Selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman. Dan pada saat itu banyak lagi negara lain yang mencoba produk serupatapi tak ada satupun negara yang sanggup menyaingi produk Piaggio diantaranya pesaingnya adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp dan NSU. Lambretta dan Zundapp pernah populer di kalangan masyarakt indonesia pada tahun 1960-an.Tak hanya pada seri MP5 dan MP6 ciri khas dan fanatisme dari vespa juga muncul dari bentuk dasar yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya dari tahun ketahun, bahkan pada saat mereka terbilang melalkukan revolusi bentuk baru seperti hasil produk selanjutnya yakni Vespa 150 GS dengan ciri khas betuk yang sangat indah untuk dilihat,cantik dan menawan.

Pada saat itu produksi Vespa 150 GS disebut dengan Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an, memang kemudi dan lampu sorotnya di buat menyatu secara keseluruhan, apalagi betuk body belakangnya benar-benar masih bulatdan sampai saat ini cerita masih berlanjutdengan revolusi lain dan generasi baru dari Vespa seperti produk Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar scooter tapi salah satu icon besar orang Itali.

Advertisement