Ikan Dewa Di Kuningan Yang Dianggap Sakral Di Objek Wisata Cibulan

Advertisement
Advertisement
Ikan Dewa Di Kuningan Yang Dianggap Sakral Di Objek Wisata Cibulan  - Berenang adalah salah satu aktifitas yang sangat mengasikkan saat kita sedang berlibur, tapi akan lebih mengesankan apabila anda berenang dikolam yang dingin dan ditemani dengan sekelompok ikan yang di anggap sakral oleh masyarakat setempat. Siapa yang tak kenal dengan objek wisata ini yang di dalamnya terdapat sekelompok ikan dewa yaitu pemandian Cibulan. Ikan dewa yang menghuni pemandian cibulan ini juga memiliki nama lain dalam bahasa sunda yaitu Lauk Kanca Bodas, atau dalam bahasa latin ikan tersebut diberi nama Cyprinus Carpico.

Untuk anda para pengunjung diperbolehkan juga memberi makan dan menangkap, namun tidak untuk di bawa sebagai cendramata, hanya sekedar untuk selfi dan foto - foto saja. Objek wisata cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pada tahun 1960 an, cibulan permanen dibangun kolam renang yang dibangun untuk umum. letak lokasi objek wisata cibulan tidak jauh dari pusat Kota Kuningan sekitar kurang lebih 7 Km ke arah utara.

Kawasan objek wisata cibulan memiliki dua kolam besar yang dihuni oleh ikan dewa, kolam pertama memiliki ukuran 35 x 15 meter dengan kedalaman sekitar 200 Cm (2 meter), dan kolam yang kedua memiliki ukuran 45 x 15 meter dengan kedalaman 60 Cm dan 120 Cm (1,2 meter), keadaan kolam tersebut airnya selalu bersih dan jernih karna objek wisata ini selalu dirawat dan di jaga dengan baik, selain kolam yang dihuni ikan naga, di area objek wisata cibulan juga terdapat tempat yang unik dengan sebutan Sumur Tujuh .

Beberapa fasilitas pendukung yang disediakan di pemandian Cibulan, seperti perlengkapan berenang, kamar ganti pakaian, kamar kecil dan kamar mandi untuk tempat membersihkan badan seusai berenang, kedai makanan, jajanan dan minuman segar serta taman dan tempat peristirahatan (Gazebo). Untuk memudahkan ada para pengunjung.
Peta Lokasi Objek Wisata Cibulan :





Advertisement