Sumur Tujuh Cibulan Sabagai Salah Satu Wisata Yang Mempunyai Nilai Sejarah Di Kuningan

Advertisement
Advertisement
Sumur Tujuh Cibulan Sabagai Salah Satu Wisata Yang Mempunyai Nilai Sejarah Di Kuningan  - Sebelumnya kita membahas tentang ikan dewa yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat yang menghuni kolam yang ada di Pemandian Cibulan, ternyata bukan hanya pemandian saja yang ada di objek wisata cibulan, disini juga terdapat lokasi yang dianggap sakral dan merupakan salah satu objek wisata sejarah di daerah kabupaten Kuningan yakni Sumur Tujuh Cibulan. Nama cibulan diambil dari kata "Cai Katimbulan" berasal dari bahasa Sunda yang berarti air yang muncul / timbul.

sumur tujuh cibulan
Banyak mitos yang menceritakan tentang sumur tujuh, konon dahulu kala disini adalah tempat patilasan Prabu Siliwangi untuk bersemedi, dan merupakan tempat bersejarah dalam penyebaran agama islam oleh sembilan wali di Kuningan. Disini juga terdapat sumber mata air yang di percaya oleh masyarakat setempat dan bisa mendatangkan berkah, sebagai wasilah (perantara) karna dahulu kala tempat ini selalu menjadi tempat semedi dan beribadah orang - orang sholeh. Mata air yang muncul / timbul di sumur tujuh cibulan konon dahulu adalah tempat menghilangnya Putri Bayunt Manis yang akan di jodoh kan dengan Putra Bayut Talaga yang kemudian hilang di tempat ini.

Tujuh mata air ini berbentuk kolam - kolam kecil yang masing - masing memiliki sebutan nama tersendiri.
Diantara Nama - Namanya :
  • Sumur Kejayaan
  • Sumur Kemulyaan
  • Sumur Pengabulan
  • Sumur Cirancana
  • Sumur Cisadane
  • Sumur Kemudahan
  • Sumur Keselamatan
Tujuh mata air ini terletak mengelilingi petilasan bersemedi Prabu Siliwangi, petilasan tersebut berbentuk batu dan dua patung harimau loreng (Sebagai lambang kebesaran Raja Agung Padjajaran). Tujuh mata air ini sering di jadikan tempat berziarah terutama pada malam jum'at kliwon dan selama bulan mulud dalam penanggalah hijriah, para peziarah (pengunjung) percaya apabila pada hari itu tujuh mata air tersebut bisa menjadikan wasilah (perantara) dan menjadi berkah bagi mereka yang para pengunjung yang berziarah.

Diantara ketujuh sumur itu konon dipercaya ada salah satu sumur yang di huni oleh kepiting emas / kepiting yang  bercangkang warna emas yaitu terletak di Sumur Cirancana, Bagi orang yang percaya apabila kita melihat kepiting tersebut konon segala apa yang kita cita - citakan akan tercapai, karna bukan sembarang orang yang bisa melihat keiting tersebut, hanya beberapa dari berjuta orang atau hanya orang - orang terpilih.  
Baca Juga Objek Wisata Kampung Naga Tasikmalaya.
Berikut Peta Lokasi Objek Wisata Cibulan Sumur Tujuh :




Advertisement