Situ Gede Tasikmalaya Tempat Wisata Yang Ramai Di Kunjungi Di Tasikmalaya

Advertisement
Advertisement
Situ Gede Tasikmalaya Tempat Wisata Yang Ramai Di Kunjungi Di Tasikmalaya -  Objek wisata Situ Gede merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Tasikmalaya, dan tidak jauh dari pusat kota Tasikmalaya yang terletak di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Sebuah danau yang luas dengan luas kurang lebih 47 Ha dengan kedalaman sekitar 1,5 meter hingga 6 meter. yang menjadi salah satu daya tarik objek wisata ini yakni ditengah-tengah danau terdapat pulau yang di sakralkan oleh masyarakat setempat, karena di tengah pulau tersebut terdapat makam Eyang Prabudilaya, beliau adalah salah satu tokoh penguasa dimasa silam, mitos nya yang menjadi legenda bagi orang-orang sunda khususnya warga Tasikmalaya. objek wisata Situ Gede tepatnya terletak di desa linggajaya Kecamatan Mangkubumi kota Tasikmalaya.

situ gede tasikmalaya
Situ Gede menjadi tempat tujuan wisata favorit warga Tasikmalaya, selain tempatnya yang indah dan sejuk lokasi Situ gede juga cukup dekat dari pusat kota Tasikmalaya, Objek wisata situ gede juga merupakan salah satu objek wisata yang cukup potensial di wilayah Priangan Timur, dan cukup banyak di kunjugi juga oleh para wisatawan dari dalam maupun luar kota. berdasarkan data yang tertulis di situs resmi pemerintah kota tasikmalaya rata-rata tiap taunya data kunjugan atau wisatawan yang berkunjung ke situ gede Tasikmalaya mencapai 9.950 pengunjung pertahun nya.

Meski stastus situ gede sebagai objek wisata alam, tak lepas dari peran pemerintah kolonia blanda pada tahhun 1932  hingga sekarang Situ Gede di jadikan sarana irigasi sebagai pertanian, pemerintah kolonia mengembangkan danau alami ini menjadi tempat penampungan air yang mengalir dari mata air cikunten, yang berhulu dari Gunung Galunggung. air yang di tampung di situ gede ini kemudian di pakai sebagai sarana irigasi yang mengiri sekitar 4.000 hektar sawah yang terletak di kecamatan mangkubumi, kawalu, indihiang, dan cibeureum. 
Peta Lokasi  Wisata Situ Gede Tasikmalaya :

Keistimewaan nya objek wisata Situ Gede ini selalu menjadi tempat yang di idamkan oleh para pengunjungnya, yang ingin mengisi liburan di setiap pekan dengan menikmati pemandangan yang sangat indah.pemandangan danau yang sangat luas dan kombinasi keindahan alam Situ Gede yang sangat indah menjadikan tempat ini nyaman untuk di nikmati. anda juga bisa leluasa menelusuri danau Situ Gede dengan rakit yang bisa di sewa, dengan harga yang relatif murah yaitu sekitar Rp.10.000,- 
Selain itu anda juga bisa berziarah ke tengah pulau yakni ke makam eyang prabudilaya, Para pengunjung pun bisa menikmati keindahan flora dan fauna yang ada di sekitar objek wisata Situ Gede dengan catatan dilarang berburu di kawasan objek wisata Situ Gede.

Adapun fasilitas lain yang di sajikan objek wisata Situ Gede, selain pemandangan nya yang khas Situ Gede juga menawarkan wisata kuliner. Bagi anda yang suka wisata kuliner di situ gede ini lah salah tempat yang cocok untuk anda, kuliner disini menyediakan berbagai menu kuliner ikan tawar. selain itu situ gede juga menyajikan fasilitas pendukung terutama fasilitas untuk berolahraga, kawasan jalan yang mengitari danau yang diatur sedemikian rupa untuk tempat berlari mengelilingi danau. selain itu anda juga dapat memangfaat kan fasilitas  lainya seperti Gazebo, taman dan bumi perkemahan adapun sarana pendukung lainya seperti tempat parkir yang luas, masjid dan juga toilet yang cukup memadai.

Advertisement