Pantai Karang Nini Ciamis Jawa Barat, Objek Wisata Yang Berdakatan Dengan Pantai Pangandaran

Advertisement
Advertisement
Pantai Karang Nini Ciamis Jawa Barat, Objek Wisata Yang Berdakatan Dengan Pantai Pangandaran - Objek wisata pantai karang nini terletak di desa emplak, kecamatan kalipucang sekitar kurang lebih 83 km dari pusat kota ciamis kearah selatan (pantai selatan). pantai karang nini ini terletak di area industri yang di kelola oleh kesatuan pemangku hutan (KPH) ciamis. akses wisata pantai karang nini ini terletak di jalur menuju Pantai Pangandaran. tetapi arah ke pantai karang nini dari jalur utama masuk ke jalan pedesaan yang mana kurang lebih 2,5 km dan jalanan menuju lokasinya kurang baik.

pantai karang nini
Dari Pantai Pangandaran menuju pantai karang nini berjarak kurang lebih 9 km, untuk menuju ke pantai karang nini anda bisa menaiki transportasi umum seperti bus mini dan elep. ciri khas pamtai karang nini ini adalah lautan yang membentang luas dengan batu karang besar sebagai tempat memandang luas ke arah lautan. tidak sedikit para wisatawan yang tertarik dengan wisata pantai karang nini ini, karna pemandangan pantai nya yang sangat indah dan suasana pantai nya yang sangat tenang menjadi daya tarik bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain itu di sini juga terdapat Trowongan Kereta Api Tua yang sudah tidak berfungsi, selain tertua trowongan ini juga merupakan trowongan kereta api terpanjang di indonesia yang berjarak 116 meter, yang di bangun untuk mempermudah tranportasi rute dari banjar menuju cijulang dengan jarak kurang lebih 82 km, terowongan ini di buat oleh PT. KA Stats spoorwegn  pada masa penjajahan belanda pada tahun 1914 yang di beri nama trowongan wilhellwina.

Di area wisata pantai karang nini juga terdapat wisata religi yaitu tempat Ziarah Syekh Wali Kutub cikabuyutan dan Anggasing wencana bagaspati. ada juga legenda pantai karang nini yang konon menurut masyarakat setempat pada jaman dahulu yakni di desa emplak atau karang tanjung terceritakan ada sepasang aki dan nini ( kake dan nenek) yang sakti mandraguna. pada suatu hari si aki pergi memancing ke tepi pantai yang di sebut"pantai karang nini " sekarang. dan si nini diam di rumah menunggu si aki pulang memancing. waktu semakin sore si aki belum pulang ke rumah, hingga merasa gelisah, si nini pergi mencari si aki ke tepi pantai. hingga datang lah petang si nini masih mencari si aki yang tak kunjung pulang, dengan di bantu oleh warga setempat. karna merasa putus asa warga setempat pulang ke rumah masing-masing, tetapi dengan ke gigihan si nini dia masih menunggu kedatangan si aki untuk pulang, lalu pada malam hari si nini ber semedi meminta pada sang ratu laut kidul untuk di pertemukan dengan si aki hingga datang lah sebuah batu karang yang muncul dari lautan sebagai perwujudan dari jasad si aki yang di sebut "bale kambang" konon apa bila kita berada di atas itu serasa kita mengambang di atas air. setelah itu si nini bersemedi lagi dan untuk membuktikan rasa cintanya kepada si aki meminta pada ratu laut kidul untuk di persatukan dengan si aki, sehingga menjelmalah batu laut karang nini yang menghadap ke arah laut dan balekambang. dan jadi lah dua batu yakni batu karang nini dan balekambang. Untuk mempermudah anda (para wisatawan) untuk berkunjung.
Berikut Peta Lokasi Pantai Karang Nini :



Percaya atau tidak terserah pemahaman anda masing-masing, tapi seperti itulah cerita legenda menurut rakyat setempat, setelah membaca artikel ini apakah anda penasaran untuk berkunjung ka pantai karang nini ?? pantai ini juga mengfasilitasi anda para wisatawan seperti hotel, penginapan, dan warung-warung kecil untuk anda ber istirahat. selamat berkunjung dan trimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Advertisement