Pantai Pamayangsari

Advertisement
Advertisement
Pantai pamayangsari - Pantai Pamayangsari adalah salah satu objek wisata yang terletak di kabupaten Tasikmalaya bagian selatan (Pantai Selatan) tepatnya di Kec. Cipatujah, ke arah barat dari Pantai Karang Tawulan Kec. Cikalong, pantai ini memliki panorama alam yang khas dan berbeda dengan pantai - pantai di kabupaten tasikmalaya pada umumnya. 


Pantai Pamayangsari
Disini juga banyak dijumpai perahu perahu nelayan yang siap untuk mencari ikan di laut lepas, didukung dengan tempat pelelangan ikan menjadikan tempat ini banyak diminati oleh wisatawan yang ingin menyantap hidangan laut yang segar dengan harga yang relatif terjangkau. Di pantai ini pula akan segera di bangun Pelabuhan untuk menunjang arus transportasi laut.

Selain dengan ciri khas perahu berlabuh di tepi pantai disebelah barat pantai payangsari juga terdapat panorama alam pesisir pantai yang khas juga dan berbatasan langsung dengan tempat konservasi penyu hijau yang sangat langka dan di lindungi.dan lumayan cocok juga untuk mendangi sunset di sore hari.

Berikut Peta Lokasi Pantai Pamayang Sari :

Setiap tahunya ada kegiatan - kegiatan syukur laut yang berganti - ganti nama kegiatan diantaranya : Hajat laut, Pesta Nelayan, Pesta pantai, Pesta Laut dan terakhir Syukur Laut. Sesaji itu yang dahulu berupa Bunga 7 macam, Kepala Hewan Ternak / Sapi, Munding Bule atau Kepala Kambing Hitam yang dibungkus dengan kain putih dan jampana dihias sebagus mungkin lalu di labuh dilaut, seiring berjalannya waktu kini telah berubah hanyalah sebuah jampana kosong yang tetap dilabuh dilaut, yang satu hari sebelumnya seluruh nelayan setempat mengadakan pengajian ( syukuran atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan penguasa alam semesta).

Advertisement