Belajar Servis Motor Vespa Otodidak

Advertisement
Advertisement
Belajar service otodidak - Belajar dari pengalaman dengan dorongan ingin bisa mempelajari, dalam pribahasa selalu di ungkapkan "Pengalaman adalah guru terbaik" itulah yang mesti kita fahami, belajar memahami kondisi mesin dengan cara otodidak itu tidak mudah, perlu kesabaran yang sangat-sangat diperlukan.
vespa service
Dari mulai apa yang anda alami hingga apa yang anda praktekan, itu akan menjadi kalkulasi bagi diri anda untuk mendapatkan jawaban. Biasanya yang sering menjadi kendala pada motor vespa adalah
1. KARBURATOR ATAU SPUYER YANG TERSENDAT

Masalah ini berdampak dengan laju motor anda, biasanya motor laju tersendat-sendat dan biasanya berdampak pada busi anda, busi selalu terlihat berwarna hitam penuh kerak, sehingga mengakibatkan hilangnya percikan api solusinya :

  • Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat.
  • Periksa selang bensin dari kerak dan kotoran.
  • Bersihkan lubang-lubang sepuyer dari kotoran,jangan sampai ada yang menyumbat lubang tersebut.
  • Setelkan/seting karburator anda sampai stabil antara keluar bahan bakar dengan pengapian yang ada dengan keadaan gas tinggi.


2. PENGAPIAN
Masala pengapian juga bisa berdampak juga pada laju motor anda, bahkan yang lebih buruk adalah motor gak bisa hidup sama sekali, apabila susah hidup biasanya kendala motor ada pada Platina (stelannya kurang pas), tapi bisa juga ada kendala dengan salah satu konektor pengapian seperti busi, koil, kondensor dan spul platina yang sudah mati atau tidak layak pakai. penyelasaiannya :
Langkah pertama periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam busi tidak akan memercikan api solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet dam main jet, beila warna ujung busi merah bata maka pariksa ke bagian yang pengapian yang lainnya. Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke massa mesin kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru, bila tida berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau si koilnya yang memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina, Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. dengan menggunakan obeng min, perlu di ingat penyetelannya jangan di ketok karna hal akan mepersingkat umur pakai platina karna entara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga
berkaitan dengan kondisi kondensator Pemeriksaan kondensator amat lah mudah apa bila terjadi lancatan api di platina ini di karenakan kondensator anda sudah tidak layak pakai, ganti kondensor anda atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lainnya atau sistem kondensatornya di double dengan ukuran kapasitas kondensor yang sama 2 farad, Yang terakhir adalah cek spul pengapian anda masih layak pakai atau harus di gani degngan yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus.
Apabila semuanya stabil maka anda wajib memeriksa nap puur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak, ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.

3. MOTOR TIDAK BISA DI STATR ATAU MACET
Biasanya kondisi seperti ini merupakan troble mesin yang sangat fatal, ini terjadi biasanya disebabkan oleh laher atau bering ada yang rusak, stang seher yang rusak, ring seher patah, piston atau seher yang sudah tidak layak pakai, perangkat giigi gear bok ada yang patah,ada yang mengganjal didalam mesin, gigi statr rontok, Penyelesaianya :
turunkan mesin atau bongkar total, agar kita dapat tau kendala dan kerusakan nya.

4. MOTOR TIDAK NYAMAN DIKENDARAI ATAU GOYANG
Ini diluar dari kondisi mesin,biasanya motor bergoyang apabila terasa bagian depan, biasanya ini terjadi kerusakan pada bagian as ayun atau bering yang ada di dalam kepala babi roda depan.
apabila terjadi goyangan pada bagian belakang, biasanya ini terjadi kerusakan pada karet body mesin atau karet yang ada pada shokbleker belakang.



Advertisement